Pages

Rabu, 14 Januari 2015

Tugas Karya Tulis Ilmiah Bahasa Indonesia











ALGORITMA SEBAGAI DASAR PEMROGRAMAN





Karya ilmiah disusun untuk memenuhi salah satu syarat mata kuliah Bahasa Indonesia yang diampuoleh Bapak Drs. Abdul Basith Bahur,M.Pd.



Oleh:
Riyan Fikri
Teknik Informatika A-1
131080200078




UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
Januari 2015




KATA PENGANTAR
                                                                                                           
Alhamdulillah , rasa syukur penulis kepada Allah SWT atas rahmat dan hidayah-Nyasehingga penulis dapat menyelesaikan karya ilmiahnya yang berjudul ”Algoritma sebagai Dasar Pemrograman”, tepat pada waktunya.
Penulis berterima kasih kepada kedua orang tua , Bapak Drs. Abdul Basith Bahur,M.Pd.dan semua pihak yang membantu dalam penyusunan karya ilmiah ini.
Tentunya karya ilmiah ini belum sempurna. Oleh karena itu penulis butuh saran dan kritik dari para pembaca untuk menyempurnakannya. Semoga karya ilmiah mengenai ”Algoritma sebagai Dasar Pemrograman” bermanfaat bagi pembaca.
           

                                                                                 Sidoarjo, 10Januari 2015
                       
           
                                                                                    Penulis










ALGORITMA SEBAGAI DASAR PEMROGRAMAN
Oleh
Riyan Fikri

            Kata algoritma tidak awam bagi para programer. Di dalam pemrograman algoritma ini penting dalam pembuatan suatu program. Namun, masih banyak para programer yang masih belum paham tentang algoritma. Sehingga penentuan algoritma suatu program masih ada yang salah. Di dalam karya ilmiah ini akan di jelaskan tentang algoritma dan penjelasan-penjelasan lainnya. Yang bisa membantu programer untuk menentukan algoritma program.
            Algoritma adalah suatu jantung dalam ilmu pemrograman.Algoritma berasal dari kata algorismyang berarti proses menghitung. Algoritma dikatakan sebagai jantung suatu pemrograman karena sebelum membuat terlebih dahulu logika suatu program. Algoritma ini berfungsi untuk semua bahasa pemrograman seperti pemrograman bahasa C++, C#, Java, dsb.
            Dalam Algoritma memiliki beberapa struktur dasar yang harus di pahami dan di mengerti , antara lain: assignment Statement, I/O statement, control statement, call statement, dan return statement.
            Algoritma merupakan langkah-langkah untuk memecahkan suatu masalah pada pemrograman. Yang dimaksud langkah-langkah memecahkan suatu masalah adalah pertama langkah pemecahan dengan runtutan (squence) yaitu dari beberapa intruksi atau pernyataan dalam pemrograman akan dikerjakan secara terurut. Kedua langkah pemecahan dengan pemilihan (selection) yaitu beberapa pernyataan dalam pemrograman akan dikerjakan sesuai intruksi yang dipilih atau dikenal dalam dunia pemrograman yaitu IF…THEN…ELSE… dan SWITCH…CASE…. Ketiga langkah pemecahan dengan perulangan (loop) yaitu pernyataan-pernyataan yang ada akan dikerjakan berulang-ulang sampai batas yang ditentukan.
            Di dalam algoritma ada istilah notasi algoritma. Notasi algoritma adalah suatu penulisan algoritma. Setiap orang dapat membuat notasi algoritmanya sendiri. Notasi algoritma dibagi menjadi tiga yaitu pertama  notasi deskriptif yaitu suatu penulisan algoritma yang disusun secara urut sehingga dapat menerangkan suatu kejadian. Kedua notasi diagram alir(FlowChart) yaitu suatu penulisan algoritma yang disusun dengan menggunakan simbol-simbol grafis yang menyatakan tipe operasi program yang berbeda. Ketiga psuedocodeyaitu suatu penulisan algoritma yang disusun secara hight-level tanpa tergantung pada sebuah bahasa pemrograman. Penulisan psuedocodemenggunakan Bahasa Inggris dan tambahan notasi-notasi matematika.







Kesimpulan
            Dari definisi dan penjelasan tersebut maka dapat disimpulkan yaitu algoritma adalah suatu langkah awal untuk melaksanakan kegiatan pemrograman. Algoritma dapat dibuat sendiri oleh para programmer. Dan algoritma adalah jantung dari ilmu pemrograman. Di dalam algoritma ada beberapa notasi algoritma yang dapat membantu untuk memudahkan pembuatan algoritma suatu program. 
Saran
            Sebagai programer kita harus menguasai ilmu algoritma, karena ilmu algoritma sangat penting untuk pembuatan suatu program.














Daftar Pustaka
Airlangga,Gregorius& Ardhana , Kusuma.2011.Algoritma Pemrograman C++ Dalam Ilustrasi. Jakarta:Jasakom.
jendelaintuisi.wordpress.com